Olahraga Extrim yang harus di coba

Menurut kalian apa olahraga ekstrim itu? Mari kita simak penjelasan singkat ini. Olahraga ekstrem tidak hanya bisa memacu adrenalin, namun juga memberikan manfaat kesehatan yang tidak sedikit. Saat sedang stres berat misalnya, melakukan olahraga ekstrem bisa menjadi solusinya. Ada beberapa karakteristik umum yang membedakan olahraga ekstrem dengan olahraga lain pada umumnya. Meskipun tidak eksklusif untuk anak muda, namun olahraga ekstrem cenderung dilakukan oleh mereka yang berusia 15 sampai 45 tahun. Berikut ini contoh olahraga ekstrim yang wajib dicoba untuk kalangan pecinta olahraga ekstrim :

1.Surfing

surfing adalah olahraga ekstrim yang paling populer di dunia dan merupakan tes kelincahan dan waktu. Ukuran ombak dibutuhkan untuk berhasil surfing bervariasi pada suatu gelombang serta teknik surfer digunakan untuk mencapai gelombang tersebut. Sebuah papan yang lebih besar, lebih panjang memungkinkan pengendara untuk mendayung cukup cepat untuk menangkap gelombang dan memiliki keuntungan menjadi lebih stabil, tetapi juga membatasi manuver dan kecepatan berselancar.

2.Parkour

Parkour atau l’art du déplacement (Seni gerak) adalah aktivitas yang bertujuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, dengan efisien dan secepat-cepatnya, menggunakan prinsip kemampuan badan manusia. Cedera yang dapat ditimbulkan oleh olahraga ini bisa beresiko kematian kalau dilakukan kurang hati-hati. Selain itu retak tulang, geger otak dan kepala bocor adalah resiko-resiko cedera yang harus dihadapi.

3. Slacklining

Slacklining termasuk hobi yang sangat menantang dan menuntut konsentrasi tinggi. Dalam olahraga ini pemain slackliningdiharuskan berjalan di atas seutas tali nilon webbing berukuran 1 inch yang terikat pada kedua sisi poin pancang. Tali nilon webbingsendiri adalah tali yang biasa digunakan pada olahraga panjat tebing.

4. Arung Jeram

Arung jeram atau bahasa kerennya : Rafting adalah sebuah aktifitas yang memadukan unsur petualangan adventure, edukasi, olahraga, dan rekreasi dengan mengarungi alur sungai yang ber ‘jeram’ menggunakan media boat karet, dayung, kayak, dan kano. Selain menguji nyali, aktifitas rafting juga beresiko namun asal setia mengikuti aba-aba yang diberikan pemandu, maka semua akan aman-aman saja, arung jeram yang cukup terkenal di jawa sendiri adalah Songa Adventure yang berada di Probolinggo Jawa Timur, dengan jeram – jeram nya yang ekstrim serta view goa dan air terjun yang cantik.

5. Panjat Tebing

Panjat tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olah raga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya. Pada umumnya panjat tebing dilakukan pada daerah yang berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45° dan mempunyai tingkat kesulitan tertentu.

6. Off Road

Offroad adalah Mengendarai mobil diluar jalan raya. Seperti di tanah, lumpur, pasir, sungai, atau batuan yang kondisinya masih apa adanya. Bagi sebagian orang menyusuri jalanan yang berlubang biasanya menjadi keluhan ataupun kendala tersendiri. Berbeda dengan para offroader, yang justru mencari jalan dengan medan yang tak selazimnya. Dikarenakan offroad lebih banyak bersentuhan dengan alam, maka tak heran jika para pecinta offroadjuga adalah para pecinta alam.

7. Moto Cross

Olahraga ekstrim motocross saat ini mewabah di Indonesia dengan banyaknya komunitas yang memiliki aktivitas ekstrim rutin ini. menunggang motor di jalan tanah lalu melompat-lompat memang mengasyikkan dan mampu memacu adrenalin.

8. Downhill

Bersepeda menuruni bukit, kita lebih mengenalnya dengan Down Hill, sebuah cabang olah raga bersepeda khusus mountain biking time trial dengan memanfaatkan gaya gravitasi untuk membukukan waktu tercepat, dengan kontur trek berupa turunan-turuan terjal yang sesekali diselingi dengan drop-off cukup tinggi.