Perlengkapan Yang Wajib Dimiliki Saat Mendaki Gunung

Persiapan dan perlengkapan adalah sebuah pertanyaan yang sering muncul saat akan melakukan pendakian gunung. Semenjak populernya film 5 cm, aktivitas mendaki gunung seakan – akan seperti bukan aktivitas yang istimewa lagi. Karena populernya film 5 cm, hamper semua orang terdorong untuk merasakan namanya mendaki gunung, dan itu tanpa memikirkan betapa sulitnya persiapan agar dapat mendaki gunung dengan baik dan selamat. Pada kenyataannya, mendaki gunung itu tidak semudah yang kita bayangkan seperti di fim 5 cm yang telah menipu anak muda yang labil berkeinginan memenuhi foto selfie berlatarkan pemandangan gunung.

Oleh karena itu bagi anda yang akan melakukan aktivitas pendakian, anda harus memperbanyak dan mencari tahu tentang pengetahuan perlengkapan yang dibutuhkan saat mendaki gunung.

Untuk melakukan aktivitas mendaki gunung, setidaknya harus dilakukan secara berkelompok dengan minimal anggota yang berjumlahkan tiga orang. Oleh karena itu, persiapan dan perlengkapan mendaki gunung juga terbagi menjadi dua, yakni persiapan dan perlengkapan pribadi dan kelompok. Perlengkapan individu atau per – orang ini, merupakan perlengkapan yang menjadi tanggung jawab diri sendiri untuk membawa dan memiliki demi keselamatan dan keamanan selama pendakian.

Perlengkapan individual ini adalah bersifat wajib karena demi keamanan dan kelancaran  pendakian. Akan tetapi ada juga sifatnya yang pilihan, karena ada atau tidak sifatnya kenyamanan dan bergantung kepada medan dan tujuan.

Setelah tadi sedikit membahas perlengkapan individual, lalu akan sedikit membahas perlengkapan kelompok. Perlengkapan kelompok wajib memiliki minimal tertentu dalam setiap kelompok pendaki. Ini adalah menjadi tugas tanggung jawab ketua kelompok pendakian untuk memastikan ketersediaan perlengkapan. Perlengkapan kelompok ini bersifat wajib ada dan tidak harus semua membawa.

Berikut adalah perlengkapan yang harus dibawa dan dimiliki jika akan melakukan pendakian gunung.

1. Perlengkapan Pribadi

a. Tas Gunung

Tas ini sudah jelas funginya, yaitu untuk membawa dan menampung barang bawaan serta kelengkapan dan barang bawaan lainnya dalam kegiatan mendaki gunung. Bedanya tas ini dengan tas biasa, yaitu tas ini memiliki kapasitas yang sudah jelas cukup besar. Ukuran tas ini yang biasanya dibawa untuk mendaki yaitu mulai berkapasitas 45 litre, 65 litre, 75 litre, 85 litre, atau bisa sampai 115 litre. Sebuah tas gunung juga harus terbuat dari bahan yang kuat, hal ini dikarenakan barang bawaan yang banyak tentu juga mengharuskan pemilihan tas yang memiliki kekuatan dalam menampung. Jangan sampai tas  rusak saat ditengah pendakian.

b. Jaket

Jaket ini berguna untuk menahan dan mengurangi hawa dingin selama pendakian, sehingga suhu panas tubuh tetap terjaga. Cukup banyak kasus pendaki yang mengalami hypothermia atau kedinginan saat mendaki akibat jaket yang tidak dapat menahan hawa dingin gunung.

c. Sandal atau Sepatu Gunung

Saat mendaki gunung pasti akan berhadapan dengan medan yang berat serta dinamis seperti tanah bergelombang, bebatuan, akar, berpasir, atau genangan air. Oleh karena itu sangat di anjurkan untuk menggunakan sepatu gunung. Dan fungsi sandal gunung hanya sebagai cadangan dan kaki perlu ruang nafas setelah lelah memakai sepatu dengan waktu yang cukup lama.

d. Jas Hujan atau Ponco

e. Pakaian Ganti

Bawalah pakaian ganti yang secukupnya saja, dan ganti pakaian anda jika sudah basah karena kehujanan, terkena keringat, atau lembap. Jumlah pakaian ganti disesuaikan dengan tujuan dan durasi pendakian.

f. Peralatan Makan Dan Minum

Setiap anggota kelompok pendakian wajib membawa minimal satu gelas, piring, sendok, dan garpu. Pilihlah bahan yang berbahan plastik, karena jika dari melamin atau kaca bisa pecah di perjalanan.

g. Makanan dan Minuman

h. Sleeping Bag dan Matras

i. Sarung Tangan dan Masker

j. Kupluk dan Headlamp

k. Kaus Kaki, Decker, dan Gaiter

l. Tongkat Mendaki (Jika Memiliki atau Mampu)

m. Obat – Obatan Pribadi

2. Perlengkapan Kelompok

  1. Tenda
  2. Peralatan Memasak
  3. Trash Bag
  4. Navigation